pasang

Ayam Hutan

Foto - Jenis Ayam Hutan
Foto Dunia Hewan - Ayam Hutan adalah nama umum bagi jenis-jenis ayam liar yang hidup di hutan. Dalam bahasa Jawa disebut dengan nama ayam alas, dalam bahasa Madura ajem alas, dan dalam bahasa Inggris junglefowl; semuanya merujuk pada tempat hidupnya dan sifatnya yang liar.

Di Dunia Saat ini terdapat 4 spesies ayam hutan yang semuanya hanya tersebar di Asia bahkan di indonesia memiliki jenis ayam hutan 2 ayam hutan dan 1 dari kedua ayam tersebut hanya ada di Indonesia yaitu Ayam Hutan Hijau.

Dari persilangan Ayam Hutan Hijau dengan ayam kampung tersebut menghasilkan jenis ayam hias baru yaitu Ayam Bekisar merupakan hasil kawin antara ayam hutan hijau jantan ( Gallus varius ) dengan berbagai jenis ayam, misalnya ayam kampung ( Gallus domestica ). kawinan silang ini dapat menghasilkan Ayam Bekisar yang berbulu beragam seperti Ayam Bekisar Cemani, Ayam Bekisar Wido dan Ayam Bekisar Putih.

Ayam hasil silangan ini sebenarnya telah di kenal ratusan taun yang lalu. namun pada masa itu hanya dikenal oleh kalangan tertentu, misalnya raja atau bangsawan. Kini Ayam Bekisar tidak hanya milik bangsawan tetapi siapapun bisa memiliki Ayam Bekisar ini.

Untuk mengetahui informasi ke empat ayam hutan tersebut saya bahas dalam judul masing-masing dan Keempat jenis ayam hutan tersebut adalah:
  1. Ayam hutan merah/Red Junglefowl (Gallus gallus, Linnaeus, 1758)
  2. Ayam hutan abu-abu/Grey Junglefowl (Gallus sonneratii Temminck, 1813)
  3. Ayam hutan Srilangka/Ceylon Junglefowl (Gallus lafayetii, Lesson 1831)
  4. Ayam hutan hijau/Green Junglefowl (Gallus varius Shaw, 1798)

Ayam Hutan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

pasang